Tim Hukum AMIN Akan Laporkan Jokowi ke Bawaslu

Posted on

Tim Hukum AMIN Akan Laporkan Jokowi ke Bawaslu

Jakarta, 26 Januari 2024 – Tim Hukum Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (THN AMIN) akan melaporkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Laporan ini terkait dengan pernyataan Jokowi bahwa presiden boleh berkampanye dan memihak dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua THN AMIN Ari Yusuf Amir mengatakan, pihaknya menyesalkan pernyataan Jokowi yang dinilai melanggar kode etik dan netralitas presiden dalam pemilu. Menurutnya, pernyataan tersebut dapat menimbulkan kegaduhan dan ketidakpercayaan publik terhadap proses pemilu.

“Pernyataan presiden tersebut sangat disayangkan. Sebagai kepala negara, presiden seharusnya menjaga netralitas dalam pemilu. Pernyataan tersebut berpotensi menimbulkan kegaduhan dan ketidakpercayaan publik terhadap proses pemilu,” kata Ari dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/1/2024).

Ari mengatakan, pihaknya akan melaporkan Jokowi ke Bawaslu dengan tuduhan pelanggaran netralitas penyelenggara pemilu. Ia berharap, Bawaslu dapat menindaklanjuti laporan tersebut dan memberikan sanksi kepada Jokowi.

“Kami akan melaporkan presiden ke Bawaslu dengan tuduhan pelanggaran netralitas penyelenggara pemilu. Kami berharap, Bawaslu dapat menindaklanjuti laporan tersebut dan memberikan sanksi kepada presiden,” tegasnya.

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mempertanyakan pasal yang dianggap THN AMIN dilanggar Jokowi. Juru Bicara TKN Nusron Wahid mengatakan, tidak ada aturan yang melarang presiden ikut kampanye.

“Orang diadukan ke Bawaslu itu kalau melanggar UU Pemilu. Apakah Presiden melanggar UU, pasal berapa yang dilanggar?” kata Nusron dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/1/2024).

Nusron meminta agar pernyataan Jokowi soal presiden boleh kampanye dan memihak tidak diributkan. Ia mengatakan, pernyataan tersebut tidak dimaksudkan untuk melanggar aturan.

“Pernyataan presiden tersebut tidak dimaksudkan untuk melanggar aturan. Jadi, jangan diributkan,” kata Nusron.

Pernyataan Jokowi bahwa presiden boleh berkampanye dan memihak disampaikan saat memberikan sambutan pada acara peresmian pabrik pesawat C-130J Super Hercules di Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (24/1/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *